Terima kasih kepada teman-teman yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya Reuni Patbhe-1979 tahun 2009, terima kasih pula kepada teman-teman yang belum berkesempatan datang atas do'a kalian sehingga acara dapat berjalan dengan lancarBlog ini dimaksudkan sebagai sarana untuk "ngumpulne balung pisah" diantara alumni SMA 4Bhe Yogyakarta yang masuk tahun 1976 dan atau yang lulus tahun 1979

Jumat, Oktober 10, 2008

Ngumpulne Balung Pisah


Ngumpulne balung pisah merupakan ungkapan bahasa Jawa yang terjemahannya "mengumpulkan tulang-tulang yang terpisah". Tetapi makna dari ngumpulne balung pisah adalah menyatukan kembali keluarga, teman atau pun kelompok tertentu yang sudah terpisahkan baik oleh waktu, jarak maupun kondisi yang berbeda.

Di dalam tradisi keluarga Jawa, ngumpulne balung pisah biasanya diejawantahkan dengan cara membuat ikatan perjodohan (saling menjodohkan) di antara anak-anak mereka yang berasal dari keluarga jauh (misalnya keturunan ke 3 atau ke 4 dan seterusnya). Dengan adanya ikatan perkawinan di antara anak-anak mereka, mereka merasa dan menganggap bahwa balung yang terpisah sudah dipersatukan kembali sehingga membangun keakraban baru di antara keluarga jauh tetapi berasal dari satu garis keturunan.

Filosofi ngumpulne balung pisah tetap relevan untuk diterapkan untuk semua orang, semua komunitas, organisasi dan lain sebagainya, termasuk alumni 4Bhe lulusan 1979.

Blog ini adalah sebuah obsesi, obsesi kecil dan sederhana untuk sekedar bisa kembali berkomunikasi diantara sesama anggota keluarga yang sudah tersebar dan terputus benang persahabatan. Nostalgia lama tentang sebuah harmoni persahabatan selalu saja mengusik untuk kembali menghidupkan “rumah penampungan” yang kita sebut SMA 4Bhe, Jalan Kridosono, Yogyakarta. Ini adalah sebuah semangat untuk membangun kembali keakraban. Selalu saja terlintas dalam hampir setiap benak orang-orang yang pernah menghidupkan api semangat persahabatan untuk kembali membangun sebuah keluarga yang harmoni, keluarga Alumni Patbhe-1979.
Blog ini adalah sebuah persembahan, persembahan yang barangkali tidak begitu berarti. Tapi bagi kita ini bisa memberi sebuah semangat, api kecil yang mengalir dalam darah, menyeruak ke pembuluh nadi dan menggerakkan saraf tubuh untuk kembali menjabat orang-orang yang terpayungi dalam satu korps yang bernama Alumni Patbhe-1979. Sebuah korps yang seharusnya membuat kita bangga karena dapat bersatu kembali setelah 30 tahun berpisah.
Blog ini adalah sebuah mimpi, mimpi untuk kembali merajut “benang-benang asmara” diantara Patbhe-1979ers yang saat ini tersebar di seluruh bumi Indonesia, bahkan di negara lain. Batas-batas yang tak mungkin terlewati secara fisik karena banyak keterbatasan, menjadi tidak berarti dengan blog ini. Sebuah ikatan dapat terjalin kembali dengan sangat mudah dan kuat melalui media yang tak pernah tidur ini.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah nyambung lagi

Anonim mengatakan...

Setelah balung balung yang sudah terpisah itu terkumpul kembali,harus diberi lem untuk bisa sambung dengan baik. Lem dapat berupa apa saja sehingga dapat terekonstruksilah suatu bentuk yang kalo bisa lebih baik dari sebelumnya, jadi segera direkonstruksi macam apa balung-balung ersebut. Percuma kalo hanya dikumpulkan trus ditunggu untuk bisa menyambung sendiri. .. blog ini bisa merupakan lem pertama yang dipakai ... lem selanjutnya ? ... Salutlah buat yang bikin blog ini ..
Viva 4Bhe'79

barjono mengatakan...

Teman-teman, ketika mau memberikan komentar jangan ngeklik "Anonim", tetapi klik "Nama/URL", setelah itu tulis nama, URL tidak wajib diisi. Ok ...??